Senin, 23 April 2012

Teknologi Dekstop Publishing


              Pada mulanya Komputer pribadi hanya digunakan untuk megelahan teks, tetapi akhirnya dipergunakan juga untuk memenuhi kebutuhan media cetak. Misalnya, dengan Teknologi Desktop Publishing yang dibantu komputer pribadi, kita dapat mencetak lembaran tertulis, lembaran propek, lembaran untuk seminar yang repsentatif, bahkan mencetak sebuah buku dengan baik.
            Sampai saat ini, teks yang dibuat dengan computer pribadi dapat memenuhi segala persyratan kita, yaitu dapat menampilkan beranika ragam model huruf, sehingga secara optis akan tanpak memuaskan. Dengan terciptanya laser printerdewasa ini, maka jangkauan untuk mancapai tingkan modern pada media cetak akan semakin dekat. Jika dilihat dari sudut ilustrasi, program teks “word” sudah merupakan suatu program cetak. Dengan Desktop Publishing Software yang dibantu denganscanner kita dapat men-sortir teks, gambar dan lampiran gambar, dapat mengolah dan menyusun suuatu dokumen bahkan dapat dilengkapi dengan garfik yang sempurna.
            Siapa yang mengunakan teknik ini, harus mengetahui kemampuan yang dimiliki dari teknik ini. Dengan Desktop Publishing yang sederhana bersama matrix printer yang harganya tidah begitu mahal. Kita dapat mencetak satu majalah organisasi berita perkumpulan, yang kualitasnya tidak begitu baik. Jika kita menghasilkan hasil yang secara typografi dan optis yang baik, maka kita memrlukanlaser printer yang mempunyai kemampuan kerja dengan 3000 titik untuk setiap inci di samping kekususan yang dimiliki oleh program Desktop Publishing yaitu memberikan kebebasan bagi pemakainya di dalam menyusun, dan memberian kesemapatan bermain dengan grafik, juga ada program khusus pembuatan naskah Satzprogram (satz = kata) yang amampu megendalikan cara kerja laser printer, sehingga sehingga dapat diterbitkan sebuah dokumen yang secara optis cukup memuaskan. Tetapi program membuat naskah untuk computer pribadi ini hanya mempunyai kemampuan yang sangat sederhana untuk mengkaitkan gambar ke dalam teks atau bahkan sama sekali tidak memiliki kemampuan tersebut. Bagian yang serasi antara program Desktop Publishing atau program cetak pada salah satu pihak dan program teks, bank data, program kalkulasi (=hitungan), program grafik dan scanner di lain pihak adalah titik tolak yang sangat penting untuk bisa mencapai hasil yang memuaskan.
               Pada Desktop Publishing yang yang mempunyai perbandigan pada layar monitor ( seperti yang akan tercetak nanti ), maka computer pribadi yang murah akan terbentur pada kemampuannya. Barang siapa yang ingin bekerja secara profesinal, paling sedikit membutuhkan IBM PC-AT atau kompatibelnya yang bisa pekerjaan dengan cepat, atau lebih baik lagi computer yang mempunyai basis pada Intel Processor 80386. Ditambah lagi sebuah monitor untuk satu halaman, sebuah mouseuntuk dapat mengendalikan data yang masuk, serta laser printer yang mempunyai kemampuan menghasilkan 3000 X 3000 titik setiap incianya dan juga menyimpan data untuk menyimpan data lebih dari 1(satu) MByte. Jika diperlukan kita dapat menggunakan scanner, yang mampu mengubah rancangan-rancanga yang sudahdigitalisasi menjadi dokumen Desktop Publishing. Perlengkapan “hinghend” ini tidak diperlukan secara mutlak, jika kita igin bekerja dengan Desktop Publishing. Karena ke dua program Desktop Publishing yang tekenal bekerja dengan melayani permukaan GEM dari Digital Research dan Windows dari Microsoft, maka kita dapat mulai bekerja dari tingkat yang paling sederhana dengan suatu sistim yang tidak terlalu mahal, misalnya kita dapat bekerja dengan Schnieder PC, Atari ST atau Commodore PC. Untuk monitor, diusulkan mengunakan monitor monochrom dengan grafik carddari sebuah kompatibel Herkules saja karena Printer. Dalam hal ini dapat dipakai IMB Garafik Printer atau Epson Escape/P-Standard atau kompatibelnya dan dot matrik printer yang mempunyai 9 (sembilan) jarum. Atau siapa yang mempunyai printerNEC, dapat dengan NEC yang mempunyai sistim pergerakan printer yang khusus untuk program tahapan, yang bahkan dengan dot matrix printer itu dapat dihasilkan 300×300 titk setia inci.
           Pada Desktop Publishing, kecepatan bukan merupakan hal yang terpenting. Tetapi karena pada monitor nanti akan tampak gambar, seperti pada hasil tercetak maka computer yang diperlukan ialah yang berkemampuan tinggi. Sebuah penyimpanan data (RAM) dengan kapasitas 640KByte sangatlah diperlukan, mengingat luasnya program. Di samping itu pada program yang dapat menciptakan gambar dan teks, dan juga sejumlah data yang penting pada proses pengelolahan gambar. Supaya kita dapat bekerja secara efektif, maka diperlukan PC yang mempunyai kemampuan menyimpan data lebih dari 20 MByte. Jika mungkin, laser printer dapat bekerja sama dengan HP Laserjet Plus atau Apple Laser Printer, yang bekerja dengan bahasa Printer Post Script. Dalam prkteknya nanti, kedua Laser Printer tersebut akan didukung penuh oleh program yang modern. Kecepatan dalam memberi hasil pada Printer itu dapat diabaikan, karena pada Desktop Publishing biasanya sistim cetaknya tidak akan bekerja dengan maksimal. Dalam hal ini pentrasferan data antara computer dan printer, dalam bentuk berlangsung agak lama dibandingkan waktu yang dibutuhkan oleh printer untuk mencetak. Gambar dan huruf ditulis dalam bentuk bit dan dikirim ke printer dalam bentuk bit juga.

Senin, 16 April 2012

Dampak Positif dan Negatif Munculnya Telepon Seluler


Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).
Fungsi dan Fitur
Perkembangan dunia ponsel saat ini sangat pesat, seiring kemajuan jaman makin banyak muncul ponsel yang mengusung teknologi yang canggih. Tidak hanya kelas hi end saja, bahkan kelas mid end dan low end saja telah mengusung beberapa teknologi yang cukup canggih. Diantaranya adalah General Packet Radio Services atau sering dikenal dengan GPRS. Yaitu teknologi yang memungkinkan kita mengirim dan menerima data melalui jaringan Global System for Mobile Communication (GSM). Teknologi yang sudah lumayan usang namun masih jarang dimanfaatkan oleh kita. Seiring dengan murahnya tarif akses GPRS (provider ind***t menerapkan tarif Rp. 1 / KB) tidak ada salahnya coba kita optimalkan ponsel yang kita punya. Kali ini saya akan membahas beberapa aplikasi yang bisa kita install di ponsel kita dengan memanfaatkan fitur GPRS.Agile Messenger
Agile Messenger (http://agilemobile.com) adalah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk chating dengan Yahoo, MSN, AIM, dan Google Talk. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain Instant Messeging (berkirim pesan cepat) Agile messenger juga dapat kita manfaatkan mengirim pesan suara dengan Push to Talk, berkirim gambar dengan Video Messeging, dan bahkan berkirim Video dengan Video Messeging nya. Fasilitas yang lengkap ini juga didukung dengan tampilan interface yang menarik serta navigasi yang mudah. Ring alert yang dapat kita ganti dengan ringtone pribadi, juga messege alert yang muncul di pojok atas ketika ada pesan masuk menjadikan kita nyaman dalam berchating ria. Namun kenyamanan tersebut juga harus kita bayar dengan $14,95 atau dengan Rp. 10.000,- per bulan (Premium SMS). Masa trial nya 7 hari. Agile messenger tersedia dalam beberapa format, seperti Windows Mobile, Symbian, dan Java. Tinggal disesuaikan saja dengan ponsel kita.
Morange
Memiliki fitur yang lengkap tidak harus mahal, seperti halnya dengan Morange (http://morange.com) yang selain fitur Mobile Instant Messegingnya (MSN, GTalk, Yahoo, AIM) juga memiliki fitur Push Mail, Virtual Storage Space, RSS Reader, dll. RSS reader memungkinkan kita untuk membaca highlight situs favorit tanpa harus mengunjungi situs tersebut. Fitur yang cukup komplit ini dapat kita tebus dengan harga nol rupiah alias gratis. Morange ini juga tersedia untuk ponsel yang berbasis windows dan java. Selain versi gratisan, morange juga menawarkan versi yang berbayar yang tentunya memiliki fasilitas lebih, seperti kapasitas email yang tidak terbatas dan kapasitas MoStorage yang lebih besar yaitu 50MB (yang gratisan hanya 5 MB). Untuk VIP edition (yang berbayar) dapat ditebus dengan harga USD$29 per tahun.
IM+
Simpel dan mudah, itulah kesan pertama menggunakan IM+ (http://www.shapeservices.com). Tampilannya yang simpel dan sederhana menjadi keunggulan IM+ ini. Tidak seperti yang lain, IM+ hanya memiliki fitur Instant Messeging saja. Meskipun begitu, IM yang didukungnya cukup lengkap: Yahoo, Google, MSN, AOL, ICQ, dan Jabber. Selain IM tersebut, ada juga IM+ khusus untuk account skype. Ringtone alertnya yang khas menjadikan pesan yang masuk dapat terdengar dengan cukup jelas. IM+ dibandrol dengan harga $ 29,95
Selain IM yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi sejenis.
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet(WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktuyang singkat.
Dewasa ini, peranan ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan Primer Sehari-hari, berikut kategori ponsel berdasarkan Fungsi :
Ponsel Bisnis Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar "smartphone". Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.
Ponsel Hiburan Ponsel Jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki varian nya tersendiri, seperti Ponsel Musik, Ponsel Kamera, dan Ponsel Internet Sosial.
Ponsel Fashion Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan "seadanya". Tetapi dibalik itu semua, sebuah Ponsel Fashion dapat berharga berkali kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah.
Ponsel Standar Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.
Dampak Positif dan Negatif dari Telepon Seluler
Dampak positif penggunaan ponsel antara lain:
a.Semakin mudah dan cepatnya manusia dalam berkomunikasi
b.Semakin murah dalam berkomunikasi
c.Mudah berkomunikasi dalam jarak jauh
d.Semakin berkembangnya bisnis ponsel
e.Semakin berkembangnya bisnis yang menghubungkan dengan teknologi ponsel seperti kuis 
SMS

Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi lainnya misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain adalah bermunculannya polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan yang dikenal dengan M-Banking (Mobile Banking).

Pernahkah kita sadari di lain sisi, kita mendengar dampak negatif dari pemanfaatan teknologi? Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya, hal ini disebabkan pengaruh radiasi monitor komputer yang terserap ke otak melalui matanya. Atau seperti kejadian di Thailand di mana seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permainan bomber man. Di bidang kriminalitas, walaupun belum ada penelitian yang kongkret tapi dipercaya, bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan.

Di bidang perbankan, lebih mengkhawatirkan lagi penggunaan kartu kredit illegal (carding). Belum lagi perseteruan antara pembuat virus dan antivirus yang tidak pernah berhenti sepanjang masa. Fenomena seperti ini adalah sebagian kecil contoh yang dekat dengan kehidupan kita. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana kita harus menyikapi? Apakah kita berdiam diri, atau ikut terlibat dalam perkembangan teknologi informasi? Dampak positif dan negatife dari suatu perkembangan teknologi adalah pilihan di tangan kita.
Banyak literatur yang mendefinisikan teknologi informasi. Secara simpel, teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format (image, suara, text, motion pictures, dsb). Dari pengalaman dan pengamatan, tahapan pemanfaatan teknologi informasi dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tip-ex, proses editing, dsb yang cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak, sehingga mengirit biaya kertas (paperless). Selain itu kita juga dapat menghemat waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan beberapa cara konvensional yang memberikan benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya. Sebagai contoh sarana pengiriman surat diganti diganti dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya. Pada tahap ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang, misal pesan tiket dengan SMS, pengaduan ke Presiden dengan SMS, dsb.
Memang awalnya teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk menunjang kegiatan bisnis. Pada perkembangannya, manusia secara pribadi ternyata juga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi ini. Contohnya handphone, kalau dulu individu secara pribadi masih sulit untuk menggunakan handphone karena dulu piranti pendukungnya masih mahal, tetapi kini handphone sebagai salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi produk yang umum, yang tidak hanya digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis pemiliknya, tetapi telah menjadi bagian dari gaya hidup (life-style). Bahkan saat ini anak SD pun telah membawa handphone, sehingga handphone bukan barang murah lagi. Mengutip salah satu slogan produsen handphone terkemuka, “connecting people“, ternyata benar adanya. Kian mudah saja berhubungan dengan orang lain.

Dampak negatif penggunaan ponsel antara lain:
a.Semakin melunturnya nilai moral dan sopan santun
b.Adanya kejahatan dan penipuan dalam SMS
c.Kejahatan dalam penyalahgunaan kamera dan foto dalam ponsel
d.Disinyalir bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan kanker otak dan resiko tumor otak.
e.Dampak kultural yakni bahwa ponsel tidak hanya sebagai teknologi komunikasi namun juga sebagai hal yang mencerminkan ikatan emosional dan budaya yang melambangkan status sosial manusia sehingga manusia selalu melihat ponselsebagai ukuran status manusia dan berlomba untuk selalu mendapat serta mengganti ponsel dengan tipe yang terbaru
f.Dengan ponsel masyarakat kini lebih cenderung menjadi masyarakat yang malas karena hanya dengan ponsel dapat melakukan berbagai aktivitas komunikasi sehingga proses interaksi secara langsung atau tatap muka dengan orang lain jarang dilakukan.
Radiasi Telepon Genggam Merusak Struktur DNA! Sejauh ini berbagai penyebab timbulnya kerusakan DNA manusia telah diidentifikasi.Antara lain paparan ultra violet, kesalahan enzim mengambil basa, bahan kimia tertentu, radiasi ionisasi, dan yang terbaru: radiasi telepon genggam!Temuan teranyar menunjukkan, gelombang radio yang dipancarkan telepon genggam merusak struktur DNA, namun dengan catatan, hal itu terjadi dalam kondisi di laboratorium.
Sayangnya, penelitian yang dilakukan selama 4 tahun oleh 12 lembaga riset dari 7 negara di Eropa itu belum sempurna betul. Para peneliti belum berani menarik kesimpulan secara tegas bahwa telepon genggam berbahaya bagi kesehatan.
Mereka menyatakan dibutuhkan penelitian lanjutan 4 – 5 tahun lagi untuk memastikan pengaruh radiasi telepon genggam terhadap kerusakan struktur DNA manusia dan hewan di luar laboratorium.
Sesungguhnya temuan itu bukan hal baru. Awal tahun 1996, penelitian yang dilakukan di University of Washington, Seattle, menemukan EMR dalam bentuk energi gelombang mikro rendah (seperti yang dihasilkan ponsel) terbukti dapat merusak DNA.
Kala itu, penemuan tersebut diragukan sejumlah ahli di bidang industri, termasuk Ketua EMC Bioeffect Review Committee Group untuk GSM MoU, Dr. John Causebrook. Direktur Strategic Issues pada perusahaan Motorola juga ikut menegaskan, belum ada bukti ilmiah tentang EMR sebagai penyebab penyakit.
Sama seperti sebelumnya, kali ini, pihak industri telepon genggam yang perputaran uangnya mencapai 100 bilyun dolar per tahun juga menolak hasil penelitian tersebut. Mereka mengatakan sama sekali tidak ada bukti meyakinkan perihal kerusakan DNA akibat radiasi elektromagnetik.
Sekitar 60 juta telepon genggam bakal dipasarkan tahun ini dan tercatat 1,5 bilyun orang di seluruh dunia menggunakan telepon genggam. 
Proyek penelitian yang dikoordinir kelompok riset Jerman “Verum”, mencoba mempelajari efek radiasi telepon genggam terhadap sel-sel tubuh manusia dan binatang di laboratorium.
Setelah terpapar gelombang elektromagnetik seperti yang dipancarkan telepon genggam, sel-sel tubuh menunjukkan adanya kerusakan yang cukup signifikan. Mutasi sel-sel ini bahkan bisa menyebabkan kanker.
Pancaran radiasi yang digunakan dalam penelitian ini berada pada level 0,3 – 2 Watt/kilogram. Sementara kebanyakan telepon genggam memancarkan sinyal radio atau SAR (Specific Absorption Rate) antara 0,5 – 1 Watt/kilogram.
SAR adalah ukuran rata-rata penyerapan energi radio dalam jaringan tubuh manusia. Batas maksimal SAR yang direkomendasikan the International Comission of Non-Ionizing Radiation Protection adalah 2 Watt/kilogram.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, dampak gelombang elektromagnetik tegangan tinggi atau ponsel tidak berbahaya asal pancarannya kecil. Tapi seberapa ukuran pancaran kecil itu, tidak cukup jelas diterangkan. Sama tak jelasnya untuk mengukur pancaran sekecil apa yang aman dan penggunaan berapa lama yang tidak aman.
Meski belum ada kepastian terhadap hasil penelitian ini, pimpinan proyek penelitian Franz Adlkofer menyarankan tindakan pencegahan dengan menganjurkan penggunaan telepon genggam hanya dalam keadaan darurat saja. Artinya, kalau di sekitar Anda tersedia telepon biasa sebaiknya Anda menghindari memakai telepon seluler. Atau, menggunakan peralatan hands-free kapan saja memungkinkan.
“Kami tidak ingin membuat Anda panik, tetapi sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan,” ujar Adlkofer.
Sejumlah penelitian yang dilakuan sebelumnya menunjukkan radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Misalnya meningkatkan risiko terkena tumor telinga dan kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, merusak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen, mengakibatkan meningioma, neurinoma akustik, acoustic melanoma, dan kanker kelenjar ludah.
Sayangnya, tak satu pun 6 vendor telepon seluler terbesar dunia merespon hasil-hasil penelitian tersebut. Boleh saja para ahli mengingatkan bahayanya gelombang elektromagnetik, namun hampir selalu ditanggapi produsen dengan statement, “Aman-aman saja.”
Sebaliknya, dalam pernyataan terpisah di Hongkong –dimana orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu berbicara melalui telepon genggam dibanding negara mana pun di dunia– perusahaan Jerman G-Hanz malah memperkenalkan telepon genggam model baru yang katanya tidak memancarkan radiasi berbahaya.

Senin, 09 April 2012

Teknologi Masa Depan


1. Touchscreen i-phone multy fungsi.



Bisa digunakan untuk Foto,merekam,sebagai alat komunikasi,perekam,penyadap,dan sebagainya
Touchscreen merupakan suatu alat elektronika yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai output (penampil UI) dan sebagai input perintah. Saat ini layar bertipe touchscreen banyak digunakan pada laptop, PDA, Handphone, kamera digital, Mp3 player, dan bahkan mesin foto copy.

Cara Kerja Touchscreen
Secara sederhana, cara kerja sebuah layar sentuh adalah menerjemahkan entu sentuhan yang diterima menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tertentu yang sesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Sebenarnya bukan gambar tersebut yang memicu eksekusi perintah, tetapi koordinat dari sentuhanlah yang memicu eksekusi perintah. Jadi kira-kira logikanya seperti ini : ‘Jika koordinat = (x,y) maka kerjakan perintah X’.

Macam-Macam Touchscreen
Walaupun secara sekilas semua layar sentuh terlihat sama, tetapi teknologi yang digunakan ternyata berbeda-beda. Macam-macamnya adalah :


A. Resistive Touchscreen
Sesuai namanya, layar sentuh ini memanfaatkan perbedaan nilai tahanan (resistansi) untuk menentukan posisi koordinat sentuhan. Sistem resistive terdiri dari kaca yang dilapisi oleh dua lapisan bahan metal. Lapisan bahan metal yang pertama mampu mengantarkan listrik, satunya tidak bisa. Di atas kedua lapisan itu terdapat sebuah lapisan anti gores. Di situlah tempat pengguna layar sentuh melakukan aksinya. Saat monitor menyala, arus listrik dialirkan di antara kedua lapisan metal. Ketika disentuh, kedua lapisan metal itu saling bersentuhan mengakibatkan perubahan resistansi pada daerah yang disentuh. Perubahan itu kemudian dicatat dan koordinat sentuhan pun ditentukan.

B. Capasitive Touchscreen
Layar sentuh ini memanfaatkan perbedaan nilai kapasitansi untuk menentukan posisi koordinat sentuhan. Berbeda dengan resistive, sistem capacitive hanya memiliki
sebuah lapisan yang diletakkan di bagian kaca monitor. Pada saat lapisan yang menyimpan muatan listrik itu disentuh, sedikit muatan listrik akan ditransfer ke jari penyentuh. Akibatnya muatan listrik di lapisan itu berkurang. Pengurangan itu kemudian diukur oleh sirkuit-sirkuit yang terletak di setiap sudut monitor. Setiap sirkuit memberikan nilai yang berbeda, tergantung posisi sentuhan. Setelah pengukuran selesai, komputer menentukan posisi sentuhan berdasarkan perbedaan nilai yang diberikan oleh sirkuit.

C. Surface Accoustic Wave Touchscreen
Surface acoustic wave touchscreen menggunakan transducer untuk menerima dan mengirimkan sinyal listrik. Selain transducer, sistem ini juga memiliki reflector yang digunakan untuk membelokkan gelombang yang dikirimkan oleh sebuah transducer ke transducer lainnya. Transducer yang menerima sinyal bisa memberikan informasi pada saat gelombang yang diterimanya terganggu oleh sentuhan. Ia juga akan memberikan posisi sentuhan secara tepat.

Setiap teknologi layar sentuh ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalnya, layar sentuh yang ditopang oleh teknologi resistive memiliki harga yang paling murah, namun karena ia memiliki dua lapisan metal, hanya 75% dari cahaya monitor yang bisa diteruskan olehnya. Akibatnya, gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang baik.
Dengan teknologi capacitive, 90% cahaya dari monitor bisa diteruskan. Teknologi ini mampu mengantarkan gambar yang lebih baik daripada layar sentuh berteknologi resistive. Layar sentuh berteknologi surface acoustic wave-lah yang paling baik dalam mengantarkan gambar.
Bicara soal ketahanan, layar sentuh berteknologi resistive dan acoustic wave kurang tahan terhadap gangguan debu. Tidak demikian halnya dengan layar sentuh berteknologi capacitive. Teknologi capacitive mampu bertahan hingga 60 juta sentuhan, resistive dan acoustic wave, berturut-turut mampu bertahan hingga 15
juta dan 30 juta sentuhan.

2.“HAND HOLOGRAM PHONE”


Cara kerja teknologi ini adalah dengan menggunakan teknologi hologram yang diletakan pada jari telunjuk telapak tangan kiri dan kanan. Layarpun akan tampil di telapak tangan kiri, dan untuk mengendalikanya kita hanya perlu untuk menyentuh tombol-tombol yang muncul di telapak tangan tersebut. Hasilnya akan tampil pada layar transparan hologram yang dapat muncul dihadapan seseorang dalam ukuran 30 cm dari tatapan pengguna.
Teknologi ini sangatlah canggih..Selain dinamis dan sangat praktis, teknologi ini juga menghindarkan penggunanya dari tindak kriminalitas pencurian karena teknologi ini aman dan melekat pada tubuh pengguna.




Selasa, 03 April 2012

Teknologi Pendukung Komunikasi

Inilah desain teknologi komputer untuk mendukung komunikasi di masa depan yang gak kalah canggih di Generasi 6 .
Cekidooott ! 




                                              *  Sekilas bentuknya memang agak aneh *


*Ujungnya bisa dibengkokan*


                                   *Ujung yang dibengkokan berfungsi sebagai monitor*


    *Dengan menggunakan mood lighting mempunyai perinsip kerja sebagai proyektor*


                                                        *Ada tempat cd nya*



                                           *Dilengkapi dengan keyboard touch keypad*


Video Kecanggihan masa depan :